Jenis piring 10 Macam yang Biasa Digunakan

jenis piring

Sekarang ini, ada banyak jenis piring yang sering orang gunakan pada meja makan untuk kebutuhan sehari hari kita. Mulai dari jenis piring yang besar sampai piring kecil, setiap piringnya memiliki peran masing masing yang mepunyai manfaat dan keindahannya sendiri untuk membuat momen makan anda menjadi lebih spesial.

Baca juga : Homedoki Rak Piring Tertutup
Piring Steel 555 Import
PLATERIE Piring Keramik Dinner Plate

Yuk, mari kita bahas jenis-jenis piring sesuai dengan fungsinya.

10 Macam yang Biasa Digunakan Jenis piring


1. Piring Makan Utama

jenis piring

Piring makan utama adalah piring yang besar yang jadi fokus utama anda saat makan, biasanya ini untuk letakkan hidangan pokok, mulai dari ikan sampai daging. Ukurannya yang besar memungkinkan kita untuk menata hidangan utama dengan lebih leluasa.

Piring ini menjadi bagian terbesar pada meja makan anda. Dengan ruang yang cukup luas, jenis piring makan utama memberikan kita tempat yang pas buat makanan pokok. Desainnya juga terbuat khusus supaya cocok dengan makanan yang ada, jadi, bukan cuma alat untuk makan, tapi juga membuat tampilan meja makan kita lebih menarik.

2. Piring Salad

jenis piring

Piring salad adalah piring kecil yang khusus untuk hidangan salad. Beda dari piring makan utama, ukuran piring ini lebih kecil dan juga lebih enteng. Karena kecil, piring ini sangat pas buat sajian salad yang proporsinya sesuai, cocok buat jadi makanan pembuka atau tambahan buat hidangan utama. Desainnya yang sederhana bikin kita bisa lebih menikmati makanan dengan tampilan yang lebih menarik.

Piring ini memiliki ukurannya yang lebih kecil, jadi lebih nyaman saat pakai buat sajian salad. Ukurannya yang ringkas juga memudahkan buat tata letak salad dengan rapih atas piringnya. Desainnya yang simpel bikin kita lebih fokus pada tampilan salad yang tertata pada atas piring.

Piring salad mempunyai peran khusus dalam hidangan Karena ukurannya kecil dan ringan, Jenis piring salad ini memiliki dan memiliki ukuran diameter 22 cm dan 20 cm. Dengan ukuran yang sedang ini dapat membuat salad anda lebih aman agar tidak jatuh ataupun tumpah.

3. Piring Saji

jenis piring

Piring saji adalah piring besar buat menyajikan hidangan bersama sama anda menggunakan meja makan. Ukurannya yang luas bisa muat banyak makanan, seperti daging panggang, ayam utuh, atau hidangan utama lainnya. Karena jenis piring ini bisa menampung banyak makanan, piring ini cocok untuk menyajikan hidangan banyak ke tamu atau keluarga anda.

piring saji juga memeiliki ukuran yang besar sama seperti piring makan utama, jadi juga bisa menampung banyak makanan sekaligus. Sangat cocok buat waktu acara makan bareng-bareng, karena anda bisa menyajikan hidangan utama dengan lebih praktis. Dengan desainnya yang luas, piring ini memberikan kesan suasana makan anda jadi lebih menggoda dan menggugah selera.

4. Piring Dessert

jenis piring

Piring dessert, yang juga orang kenal sebagai “dessert plate”, itu seperti piring kecil yang biasanya buat makanan manis. Bedanya dari piring makan utama, jenis piring ini lebih kecil dan biasanya punya desain bagus. Cocok buat sajikan macam-macam seperti kue, es krim, atau puding. Karena kecil, piring ini bikin penampilan hidangan manis jadi lebih cantik dan menarik. Jadi, sangat pas buat anda yang mau menikmati hidangan penutup yang manis-manis.

Biasanya piring ini memiliki ukurannya yang kecil sekitar 18 cm, dengan desain yang bagus, piring dessert bikin tampilan kue atau es krim yang anda sajikan jadi lebih cantik. Detailnya yang bagus dapat membuat hidangan penutup anda terlihat lebih menggugah selera yang dapat membuat makanannya jadi lebih spesial.

5. Piring Cuci

jenis piring

Piring cuci, juga orang sebut “side plate,” itu sejenis piring kecil juga yang biasanya terletak pada samping kiri atau kanan piring makan utama. Fungsinya buat sajikan roti, sambal, atau hidangan sampingan lain yang akan orang makan bersama hidangan utama. Karena piringnya kecil, piring ini dapat membantu kita untuk mengatur meja dengan lebih rapi dan memisahkan makanan utama dengan makanan sampingan.

Fungsinya piring ini untul menyajikan makanan sampingan yang mau anda makan bersama hidangan utama. Dengan ukurannya yang kecil, piring ini dapat membuat meja makan kiota jadi lebih rapih dan bikin makanan terpisah dengan lebih jelas. Selain itu, desainnya yang serasi juga bikin tampilan piring cuci jadi lebih pas dengan piring makan utama.

6. Piring Sup

jenis piring

Piring sup atau “soup bowl” itu seperti mangkuk khusus buat sup atau hidangan berkuah. Bentuknya yang dalam dan tinggi dibuat biar bisa tahan cairan dan supnya tidak tumpah pas anda makan. Terbuat ergonomis, jadi pas buat makan sup tanpa takut tumpah. Beberapa piring sup juga menggunakan desain yang keren untuk tambah nilai visual saat sajian sup.

Terbuat khusus buat tahan cairan, jadi kita tidak khawatir bakal bikin tumpah saat kita makan menggunakan piring jenis ini. Bentuknya yang ergonomis juga bikin makan sup jadi lebih praktis dan nyaman.

7. Piring Kue

jenis piring

Jenis piring kue atau “cake plate” itu piring khusus buat sajikan kue atau makanan manis. Biasanya lebih besar dari piring dessert, piring kue desainnya khusus buat tampilan kue yang cantik. Ada juga piring kue yang punya hiasan atau cetakan khusus buat bikin kue kita jadi lebih bagus, dan dapat bikin penampilan atas meja makan jadi lebih menarik.

Ukurannya yang lebih besar dari piring dessert bikin kita bisa sajikan kue dengan lebih cantik. Ada juga beberapa piring kue yang punya hiasan khusus untuk bikin kue, agar terlihat lebih menarik waktu anda sajikan. Jadi, saat kita mau menikmati kue, piring ini membuat pengalaman makan kita jadi lebih spesial.

8. Piring Pembagi

jenis piring

Piring pembagi atau “compartment plate” itu piring yang punya beberapa bagian atau pembatas yang pisah-pisah. Terbuat dengan sekat-sekat yang bagi-bagi piring jadi beberapa bagian, jadi kita bisa sajikan beberapa jenis makanan pada satu piring tanpa saling bercampur. Sangat cocok untuk makanan yang punya saus atau kita ingin memisah saus dan makanan yang lain biar rasanya tetep terjaga.

kegunaan piring ini bisa buat sajikan berbagai makanan tanpa saling bercampur. Dengan sekat-sekatnya, piring ini memudahkan kita untuk tata letak makanan dengan lebih teratur pada satu tempat. Jadi, saat kita mau sajikan hidangan yang punya saus atau makanan yang ingin kita pisahkan piring ini sangat cocok kita gunakan yang dapat membuat sajian berbagai makanan jadi lebih rapih dan nggak saling campur.

9. Piring Mangkok

jenis piring

Piring mangkok atau “bowl” itu kayak wadah cekung buat sajikan makanan yang berkuah, salad, atau makanan yang perlu mangkuk. Desainnya dengan bentuk yang dalam dan cekung, piring ini bikin makanan bisa terkumpul di tengah, jadi lebih gampang buat makan pake sendok. Ada juga piring mangkok yang punya ukuran dan desain yang cocok buat berbagai jenis makanan, mulai dari yang berkuah sampai yang kering. Karena bisa anda pakai untuk berbagai hidangan, piring ini jadi pilihan yang banyak orang pakai buat sajikan makanan sehari-hari.

Pentingnya piring ini karena bisa orang pakai buat sajikan berbagai jenis makanan. Terbuat dengan bentuk yang cekung, piring ini mempermudah kita saat makan atau ambil makanan pakai sendok. Ada juga piring mangkok yang punya ukuran dan desain yang beragam, jadi bisa dipakai buat berbagai hidangan yang mau anda sajikan. Sangat cocok buat sajikan makanan sehari-hari dengan lebih praktis dalam rumah.

10. Piring Makanan Ringan

jenis piring

Piring makanan ringan, juga dikenal sebagai “appetizer plate,” itu lenih kurang seperti piring kecil buat sajikan hidangan pembuka atau camilan ringan. Ukurannya lebih kecil dari piring makan utama, jadi pas banget buat kudapan ringan, hidangan pembuka, atau camilan sebelum makanan utama anda sajikan. Desainnya yang sederhana dan kadang-kadang cantik bisa menjadikannya untuk menambahkan nilai penampilan pada hidangan pembuka.

Fungsinya tidak hanya untuk menyajikan kue tetapi juga untuk meningkatkan pengalaman bersantap dengan menambah sentuhan estetika pada sajian kudapan manis karena bentuknya yang sedikit lebih kecil, Desainnya yang simpel dan kadang-kadang cantik juga bisa bikin hidangan pembuka jadi lebih menarik.

kesimpulan

Berbagai jenis piring mempunyai peran dan keunikannya masing-masing pada meja makan. Dari piring makan utama yang besar sampai piring makanan ringan yang kecil, semuanya punya fungsi khusus saat anda sajikan makanan. Piring-piring ini tidak cuma buat tata letak makanan yang bagus tapi juga bikin makanan jadi lebih menarik dilihat. Proses pemilihan piring yang tepat bisa membuat tampilan meja makan anda jadi lebih estetis dan menyenangkan yang dapat membuat pengalaman makan jadi lebih lengkap dan seru bersama keluarga dimanapun anda berada.

Nah inilah bebera macam jenis jenis piring yang dapat anda jadikan referensi agar tidak salah memilih piring yang ingin anda gunakan. Sekian wassalam 😀

Baca juga : Piring Kue 7 Rekomendasi Favorit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *